Jumat, 25 Desember 2020

Kenali Prestasi Dalam Dirimu

 

Kenali Prestasi
Oleh : Susanto 

Sumber : Susanto


    Assalamualaikum wr.... wb....

    Salam sejahtera bagi kita semua

    Apakabar semuanya, semoga selalu dalam lindungan Allah SWT sehingga kita selalu diberikan kesehatan, dan terhindar dari marabahaya serta dapat bersyukur atas segala nikmatNya.

    Kali ini saya ingin membahas tentang "Prestasi" tapi saya tidak membahas apa itu prestasi ya, karna saya yakin masing-masing kita memiliki definisi sendiri tentang prestasi. Tapi, jika saya ditanya prestasi itu apa? Bagi saya sendiri prestasi adalah sebuah label yang orang berikan atas penilaiannya yang menurut mereka apa yang kita lakukan itu layak diberikan apresiasi.

    Contoh kita lari maraton sejauh 15 Km bersama komunitas dengan jumlah 10 orang, dan agar kegiatan ini bisa terus berjalan dan menarik orang lain maka penyelenggaranya memberikan apresiasi bagi yang sampai di garis finis terlebih dahulu. apresiasi itu berupa Juara I maraton 15 Km. Ini versi saya ya teman-teman, tentu teman-teman punya definisi masing-masing, atau bisa tanya-tanya atau berjelajah deh ke web-web lain yang bisa memberikan definisi yang membuat hati teman-teman puas dengan definisi prestasi tersebut.

    Kebanyakan orang, menilai bahwa prestasi yang baik itu adalah prestasi yang diperoleh dari kegiatan akademik saja seperti menang dalam suatu olimpiade, lomba-lomba tertentu yang kemudian di ikrarkan bahwa seseorang itu adalah pemenang. Kali ini saya akan mengajak teman-teman melihat prestasi dari sudut pandang yang berbeda dan kira-kira nanti akan mengubah definisi prestasi saya dan teman-teman apa tidak ya?

Oke kita langsung saja, berikut 3 prestasi yang perlu kita kenali:

1. Menyesuaikan Diri dan Mengenali prioritas

    Mudah menyesuaikan diri dengan lingkungan dan memprioritaskan kegiatan atau aktifitas adalah suatu prestasi besar dalam hidup kita, prestasi yang akan membawa kita pada kondisi yang menyenangkan dan nyaman tentunya.

    Dengan memiliki kemampuan menyesuaikan diri yang baik pada lingkungan sekitar akan membawa kita pada kondisi dimana kita akan dapat diterima oleh lingkungan tersebut  tentunya. Sebagai mahluk sosial tentunya kita bisa tahu dengan benar bahwa kita tidak mungkin hidup sendiri dan tidak pula mungkin dapat menyelesaikan kehidupan ini dengan sempurna ketika kita tidak memiliki orang lain disekitar kita. Kondisi lingkungan kita yang demikian inilah yang akan membawa kita pada keadaan yang berbeda-beda dengan bertemu dan berkumpul dengan orang yang berbeda-beda pula. Oleh sebab itu kemampuan untuk menyesaikan diri akan sangat dibutuhkan dalam kehidupan ini. Dengan memiliki kemampuan menyesuaikan diri tentu kita juga dapat menerima orang lain dalam kehidupan kita, begitu juga orang lain yang dengan mudah menerima kita ditengah-tengah mereka.

    Kemampuan menyesuaikan diri ini memiliki efek positif antara lain, memiliki banyak teman, mudah bergaul, mudah mendapatkan relasi dan patner serta mudah mengidentifikasi kesalahan yang dilakukan melalui orang-orang disekitar kita. Bagaimana dengan efek negatifnya, tentu saja ada efek negatifnya. Contohnya kita bisa berada dilingkungan atau kelompok dimana orang yang ada merupakan orang-orang yang gemar melakukan sesuatu yang negatif seperti, mencuri, berjudi atau bolos sekolah untuk pelajar. Tentu ini menjadi maslah dan merupakan kelemahan yang akan menjadi ganjalan dalam hidup. Oleh sebab itu kita butuh prioritas diri. 

   Prioritas diri adalah memanajemen diri sendiri dalam memilih hal-hal dalam hidup untuk memisahkan kegiatan kita dalam beberapa  kelompok atas kepentingan yang menunjang kehidupan kita. 

    Ijinkan saya contohkan bagi pelajar SMA, kenapa contohnya pelajar SMA. Karena usia pelajar SMA sudah masuk pada kategori pemuda, dimana kegiatan masyarakatnya juga bertambah. saya sebut nama pelajarnya Anam ya biar mudah tentu nama bukan nama sebenarnya (mohon maaf jika ada nama yang sama). Anam pelajar SMA memiliki banyak teman dan memiliki hobi sepak bola, dikala waktu ujian datang Anam diundang oleh karang taruna untuk rapat persiapan lomba Bupati Cab. Diwaktu yang sama Anam ada jadwal les tambahan utuk menunjang ujian semesternya.

    Dari kondisi tersebut tentunya yang harus dilakukan Anam adalah mengkuti kegiatan les dengan pertimbangan :

a. Anam diusia pelajar dan sedang dalam waktu Ujian dan les yang diadakan sangat berkaitan dengan ujian

b. Kewajiban Anam sebagai pelajar adalah belajar sehingga urusan sekolah harus lebih nomor 1

c. Undangan karangtaruna merupakan undangan rapat yang belum wajib bagi Anam untuk hadir dan masih bisa ijin atau masih bisa mendapat informasi dari yang lainnya


    Oke, jelas ya tentang prioritas, jika ada yang kurang jelas bisa ditanya di kolom komentar ya. agar bisa kita diskusi dengan teman-teman lainnya juga.


2. Motivasi

    Motivasi adalah sebuah ritual unik yang dilakukan untuk mengokohkan pendapat dan pendirian serta menguatkan mainset terhadap tujuan yang akan dicapai. Sekali lagi ini definisi saya ya dalam hal ini. heheheheh....

    Motivasi diri ini sangat diperlukan , karena kita tidak selalau dalam keadaan semangat yang membara. Ada kalanya kita memang berada di level semangat yang ke level 100 tapi ada waktunya akan berkurang bahkan bisa tidak semangat sama sekali, disinilah motivasi diri dibutuhkan. Jika kondisi teman-teman sedang tidak semangat sama sekali sebenarnya teman-teman bisa sugesti diri dengan mengatakan "ah istirahat sebenatar, bangun tidur saya mulai lagi" atau lebih baik lagi datang kepada teman yang memang tahu visi dan misi kamu agar teman kita memberikan semangat lagi. Tapi jangan salah pilih teman ya, tar bukan tambah semangat eh malah tambah hilang.

    Oke, Motivasi diri itu penting. Lakukan motivasi diri dengan mensugesti diri sendiri atau dengan berkumpul dengan  orang-orang yang tepat dan dapat mendorong semangatmu utuk maju ya.


3. Melihat Masalah dari Beberapa Sudut Pandang dan Menyelesaikan dengan Berpikir Kritis

    Saya pernah nonton film tapi lupa ada judulnya, didalamnya saya mengingat kata-kata yang diucapkan ketika ia memiliki masalah. "Hai masalah aku punya Allah yang lebih besar dari mu" ini hal yang luar biasa menurut saya. Coba teman-teman praktekkan pasti nikmat sekali menghadapi masalah itu. hehehehe

    Jika teman-teman tertimpa masalah silahkan coba hal berikut:

1. Perhatikan baik-baik masalah yang dihadapi

2. Cari tahu penyebab dan solusi

3. Jangan langsung dicoba solusinya jika masalah ini sedikit rumit, apa lagi rumit banget ya

4. Keluar dari zona masalahnya dan lihat bagaimana orang melihat masalah teman-teman

5. Pindah kepada kondisi bagaimana orang lain menghadapai masalah yang serupa dengan yang sedang teman-teman rasakan

6. Tarik satu kesimpulan agar menjadi solusi

7. Coba sambil berserah diri pada Allah


    Saya luruskan ya, berserah diri bukan berarti pasrah ya. Tetap berdo'a berusaha dllnya tentunya ya teman-teman.


    Oke, itu tadi 3 prestasi diri yang saya jabarkan pada artikel kali ini. Gimana kecewa, bingung atau berubah definisi prestasinya. hahahahaha

    Ya saya menjelaskan tentang prestasi yang sebenarnya lebih berharga, prestasi yang teman-teman dapatkan dan rasakan dari apa yang teman-teman lakukan dengan apresiasi deri diri teman-teman sendiri.

    Semoga bermanfaat dan bisa salaing mengisi kekosongan kita. Jika menurut teman-teman artikel ini baik jangan lupa, komantarnya, share dan like ya.


Salam Sukses

Luar Biasa

Wasalamualaikum wr.... wb....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar