Kamis, 18 Juni 2020

Sahabat Blogger Fatihah Nur Istiqomah

Sumber : Fatihah Nur Istiqomah

Bismillahir Rohmani Rohim
Assalamualaikum Warohmatullahi Wabarokatu
Apa kabar sahabat bloger semuanya, masih pada sehat dan tetep semangat kan mengikuti kegiatan Nulis bareng yang diadakan oleh Komunitas Blogger Mahasiswa.
Hari ini saya mau kenalin salah satu sahabat bloger yang paling sering kita sebut-sebut, ia adalah "Fatihah" ya kan ngak asing namanya. Kita sering sebut namanya untuk mengakhiri do'akan, semoga dengan kita bersahabat dengan teman yang satu ini kita mendapatkan banyak keberkahan ya sahabat.

Mari kita kepoin lebih dekat sahabat bloger kita yang satu ini. ia lahir dengan nama Fatihah Nur Istiqomah di Wonogiri pada Senin, 7 Juni 1999. Wanita ini Biasa dipanggil Fatihah. Ia anak pertama dari empat bersaudara dari pasangan orangtua yang sangat baik. Walau lahir, tumbuh, dan keturunan Jawa Tengah tulen, namun wanita ini bersekolah di Jawa Barat. Merantau dalam pertumbuhan menuju dewasa ya,....mungkin lebih enak disebut berpetualang atau....hehehehe

Tahun 2005-2017, sejak kelas 1 MI (SD) hingga lulus kelas 12 MA (SMA), ia bersekolah di pesantren Ma'had Al-Zaytun, di Indramayu, Jawa Barat. Kemandirian sudah ditanamkan sejak kecil oleh orangtua, maka dari itu 12 tahun disekolahkan jauh dari orangtua dan kerabat.

Setelah lulus sekolah, belajar tetap tidak membuatnya puas diri. Walaupun sempat gap year selama 1 tahun, ia tetap melanjutkan sekolah ke Bandung. Hingga tulisan ini dibuat, ia masih kuliah jurusan Farmasi semester 4 di Politeknik Piksi Ganesha yang bertempat di jalan Gatot Soebroto, Bandung. Kuliahnya dibidang kesehatan ya sahabat bloger kakak Fatih ini.

Soal kepribadian, ia murah senyum dan mudah bergaul, tapi teman-temannya banyak yang bilang ia cuek dan dingin. Walau begitu, entah kenapa banyak juga yang suka curhat kepadanya. Hehehe, kadang yang terlihat tidak seperti yang dikira. Ia sangat terbuka kepada teman yang sedang membutuhkannya. Walaupun terlihat cantik dan kalem, namun ia sosok yang teguh pendirian, seperti namanya, "Istiqomah". Wanita ini suka membaca, mendengarkan, menulis, berdiskusi, menyanyi, dan belajar bahasa asing. Hobi lainnya adalah membuat kerajinan tangan, terutama scrapbook dan terkadang ia belajar hand lettering. Walau gelar juara yang masih sedikit, tetapi ia berhasil meraih juara II kumite putri pemula saat masih duduk di bangku MTs. Ia salah satu anak karate kyu 1 dari Karate-Do Gojukai Indramayu.
Gimana, sahabat bloger kita yang satu ini. bikin greget ngak sahabat. ayo kita kepoin lagi, gimana kak Fatihah ini.

Pengalaman organisasi

1. Ketua Binayah Fahmul Quran periode 2015-2016
2. Qori'ah Al-Qur'an di asrama perempuan (An-Nur) periode 2016-2017
3. Panitia (dan sebagai juri) kejuaraan kontingen karate periode 2015-2017
4. Panitia (Bag. Administrasi) Penerimaan Santri Baru periode 2016-2017
5. Sekretaris Pelajar Karate periode 2016-2017

Saat masa-masa kuliah, Fatihah sebenarnya lebih aktif diluar kampus daripada di kampus. Beberapa kali ia magang di perusahaan dan mengambil freelance job, bahkan pernah membuka jasa pengetikan mandiri di sekitar kampusnya. Maka dari itu pernah membuatkan skripsi dan laporan kunjungan luar negeri. Semua itu dilakukan supaya fatihah mampu mengasah skill, berani mengambil resiko, dan tanggung jawab atas pilihan yang diambil.  Fatihah beberapa kali ikut acara dan seminar kepenulisan, daring maupun luring. Pernah juga ikut lomba menulis, walaupun belum intensif, setidaknya sudah mencoba, dan pengumumannya diumumkan akhir bulan juni ini! doakan ya, semoga mendapat juara. Aamiin. Bicara cita-cita, fatihah ingin menjadi Apoteker, Pengusaha, dan Penulis. Sehingga diharapkan mampu menjadi lebih berguna, beriman, berilmu dan bermanfaat. Yaitu lewat jalur pendidikan, kesehatan, dan kreatifitas.
Nah, kak Fatih ini mahasiswa aktif ya. baik di kampus maupun di organisasinya.

Harapan terbesar, tentu saja menjadi Hafidhah Qur'an. Bagi Fatihah, menulis itu seperti mengekspresikan diri. Menulis juga sebagai kenangan-kenangan, jika suatu saat kita harus meninggalkan jejak di bumi. Ada banyak pesan yang ingin disampaikan, ketika sulit dilakukan dengan lisan, namun mampu disampaikan lewat tulisan. Salah satunya, ada nasihat budi luhur dari jawa yang berbunyi :
"Ajining diri gumantung saka ing lathi, ajining raga gumantung saka busana"
Artinya :
"Harga diri seseorang tergantung pada lisannya, berharganya raga seseorang bergantung pada busana atau pakaian"

Salam literasi. Terimakasih.

Sumber : Fatihah Nur Istiqomah


Biar kenal lebih dekat lagi, ayo kita kunjungi sosmed Kak Fatihah yuk
Blog :

Instagram :


Sahabat Blogger Sisi Budiarti

Sumber : Sisi Budiarti

Bismillahi Rohmani Rohim
Assalammu'alaikum warahnatullahi wabarakatuh
Apa kabar sahabat Blogger, semoga dalam keadaan sehat dan tetap dalam lindungan Allah SWT.

Pada hari ini saya akan memperkenalkan sahabat blogger dari Lampung. Ayo kita kenalan dengan sahabat kita yang satu ini ya sahabat.

Seorang perempuan bernama Sisi Budiarti, terlahir di desa Talang alai, pada tanggal 09 November 2000. Namun, sekarang nama desa saya berubah menjadi desa serian bandung setelah mengalami proses pemekaran. Tepatnya desanya berada di kab.Seluma. Prov. Bengkulu. Saya merupakan anak pertama dari tiga bersaudara. Sebagai anak pertama saya berusaha memberikan contoh yang baik untuk adik - adik saya dari segala hal.
Sama-sama satu pulau kita dengan dengan kak Sisi ni sahabat.

Saya berkuliah di salah satu Universitas Swasta yang paling banyak mahsiswanya di Bengkulu, yaitu Universitas Muhammadiyah Bengkulu jurusan Akuntansi semester 4. Hoby saya selain menulis, yaitu menyanyi dan mendengarkan music. Universitas favorit ya kak Sisi, Negri dan swasta bukan patokan kwalitas ya kak Sisi.

Dalam dunia literasi, saya bisa dibilang cukup tahu dan terjun dalam dunia tulisan lewat pengalaman dari lomba kepenulisan yang saya ikuti. Namun, saya masih belum terlalu pandai seperti idola saya chairil Anwar, dalam menulis dan saya masih harus belajar lagi untuk menjadi pribadi yang lebih baik kedepannya. Wah, kak Sisi ini sudah punya jam terbang yang luar biasa ni di bidang literasi dan kepenulisan ya sahabat. Gimana sahabat blogger, makin asik dan makin bikin penasarankan dengan kak Sisi.

Saya menulis kalau semenjak kuliah, saya menekuni bidang puisi, kemudian berprogres ke pantun, quotes, cerpen hingga sekarang menulis blog. Saya orang yang mau belajar apapun terutama dengan suatu hal - hal yang baru. Saya berani untuk mencoba tanpa menghiraukan resiko yang ada selama hal tersebut positif. Kegiatan positif yang perlu di tiru ya sahabat blogger.

Awal mula saya berkecimpung menulis itu dari SMP. Pada saat pelajaran bahasa indonesia saya sangat suka membaca percakapan dialog dalam drama, dan waktu itu, kebetulan ada tugas dari guru yaitu, menulis diary. Nah, dari tugas tersebut saya suka menulis diary.  Saya menulis itu mungkin awalnya niatnya hanya mencoba. Setelah mencoba dan mengahasilkan suatu tulisan saya berusaha menampilkannya. Entah tulisan saya itu bagus atau jelek dimata orang, namun saya tidak memperdulikan itu semua. Walaupun saya banyak mengalami kegagalan dalam planning kegiatan yang saya lakukan. Namun saya terus semangat dan selalu mencoba. Kalau untuk sekarang ini kegiatan saya selain kuliah, sekarang saya masih belajar untuk membuat karya tulis imiah yang masih berproses. jika ada waktu luang, selain menulis blog, saya juga suka menulis di wattpad. Namun, saya masih belajar dan ada sedikit cerita yang saya buat.

Sumber : Sisi Budiarti


Berikut ini adalah organisasi dan komunitas yang pernah saya ikuti baik didalam maupun diluar kampus: 
1. IMM (Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah)
-Sekretaris bidang Sosial Pemberdayaan Masyarakat BPH IMM FEBI

2. Kompaq (Komunitas mahasiswa pencinta Al-Qur'an )
-Anggota

3. HIMASI (Hitungan Mahasiswa Akuntansi)
-Anggota 

4. KJAI (Komunitas Jago Akuntansi Indonesia) 
-Chapter Bengkulu

5. LBR (Literasi Bumi Raflesia)
-Koordinator akun medsos

6. KMM ( Komunitas Menulis Muslimah)
-Admin Games

Kak Sisi ini mahasiswi berbakat dan aktif di organisasi ya sahabat bloger.

 
Sumber : Sisi Budiarti


Motto:
"Jadilah seorang pelajar yang terus belajar seumur hidup."

Ayo kita kepoin medsos kak Sisi...

Instagram: @sisibudiarti

Blog: 

Facebook: Sisi Budiarti

Youtube: Sisi Budiarti

Wattpad:

WhatsApp: 082372367076

Sekian, terima kasih salam literasi


@https://sisiputribudiarti.blogspot.com/2020/06/puisirangkuman-sebuah-harapan.html

Minggu, 14 Juni 2020

Sahabat Blogger Nur Malasari

Sumber Nur Malasari

assalamualaikum wr.... wb....
Hai Sahabat Blogger, apa kabar?
sudah pada mandi dan sarapan pagi belum?
Ngak lupa olah raga kan?

hari ini saya masih melanutkan tantangan untuk unggah profil sahabat blogger saya. Jangan ada yang dilewatkan lo, sahabat-sahabat blogger kita hebat-hebat luar biasa dan berbakat. Biar ikutan nular kehebatannya ayo kita saling mengenal.
Dibaca dan diinget ya.....

Perkenalkan namanya Nur malasari  lahir di Majene 28 september 2001  dan sekarang ia tinggal di mamuju tengah sulaweisi barat. Kini ia sedang menempuh pendidikan di salah satu universitas sulawesi selatan yaitu Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar sebagai mahasiswi jurusan Ilmu Hadis semester 2. Dia seorang perempuan yang cukup keras dan tegas dalam segala hal terlebih dalam hal kedisiplinan. Ia mengangap bahwa prempuan yang diidentik dengan kelemahan dan kelembutan juga bisa melakukan hal-hal yang bernilai untuk perubahan, rasa ingin tahu dan rasa penasarannya yang besar yang membuat ia yakin dan percaya bahwa tidak ada yang tak dapat dicapai sebelum mencoba, terlalu banyak pertimbangan tanpa tindakan hanya omong kosong, persoalan gagal itu urusan belakangan.
Mulai asik ni pembahasan kita ya sahabat blogger, ayo kita lanjutkan.

Dia juga pernah juara 2 lomba lari dan mengikuti olimpiade matematika meski tidak dapat juara, dia juga aktif dalam baca dan tulis menulis meski dunia literasi baru iya kenal sejak pertama kali menjadi mahasiswi lingkungan dan kejadian yang sering dialami membuat rasa penasaran itu menjadi hobbynya. Mencoba dan berusaha itu prinsipnya kadang kala iya pergi touring  untuk membuka pikiran dan melepaskan segala hal yang menjadi beban pikirannya. Namun sebagai manusia dia juga punya kekurangan terkadang ia menjadi pendiam dan sangat egois bilamana iya sedang marah dan akan menghindar dari teman-temannya, namun hal itu tidak akan berlangsung lama.
Ini sahabat bloger, muda berbakat dan berprestasi. yang begini baru generasi milenial jaman Naw...

Dia mudah bergaul dengan siapa saja dia ramah dan sangat periang dan juga cukup kocak bila sudah kenal dengannya dan organisasi yang sudah dimasuki yaitu:
-OSPENI(organisasi nurul ilmi)

-PMII(pergerakan mahasiwa islam indonesia)cabang gowa

-DEMA(dewan mahasiswa)fakultas ushuluddin filsafat dan politik

-UKM RITMA(unit kegiatan mahasiswa riset keilmuan dan kemitraan masyarakat

-Komunitas Bogger Mahasiswa
Pinter, berprestasi dan berorganisasi.

Diskusi dan kajian menjadi kegiatan rutinitasnya dikampus karena dia lebih suka kumpul bersama teman-teman bila mana tak ada kegiatan. "selama masih ada kesempatan untuk bergerak dan berkarya maka bergeraklah yakin dan percaya akan ada jalan kemudahan disetiap semanagat yang hadir"
Mantap kan sahabat.

Ayo kita kepoin linknya biar tambah kenal ya
wassalamualaikum wr... wb....

Sabtu, 13 Juni 2020

Sahabat Blogger Elin Maya Putri

Bismillah..
Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarokatuh
Apa kabar sahabat bloger? 
Sahabat blogger hari ini, hari ke 7 kami di komunitas bloger Mahasiswa mengadakan kegiatan Nulis Bareng.  Pada hari ini saya akan mempost salah satu anggota KBM (Komunitas Blogger Mahasiswa),  siapa ya....?
Ayo kita ta'aruf buar bs kenal dg anggota kami yang satu ini. 

Sumber: Elin-Reti

Dilihat dari gambar diatas ada mahkota dilengkapi dengan tulisan yang bisa menjadi moto atau pengingat kita bahwa perhiasan terindah di dunia adalah wanita sholehah,  tambah penasaran kan sahabat kita kali ini siapa.  Ayo kita mulai ta'aruf. 

Perkenalkan, namanya Elin Maya Putri. Lahir di Durian Tarung, 15 Mei 1999. Dia asli berdarah Minang namun, kebanyakan orang yang mengenalnya salah menafsirkan dia. Ada yang bilang dia berdarah Jawa karena logat bahasa yang dipakainya kebanyakan berlogat Jawa lantaran dia lebih banyak berinteraksi dengan orang Sunda dan Jawa sekitarnya.
Wah sumatra barat,  pasti..... Sesuatu banget deh. 

Dia gadis pendiam, jutek, cuek, dingin pada mereka yang baru dia kenal.  Namun, dia akan bersikap ramah kepada siapapun yang berinteraksi dengannya dan membutuhkan bantuannya. Sifat jutek, pendiam dan dinginnya adalah cara dia menjaga diri dari lingkungan yang kurang bersahabat dengannya.
Sepertinya sifat yang diilhami dari hijab,  menutup diri untuk mempertahankan kehormatan.  Luar biasa kak Elin. 

Dia sedari kecil sudah mengenal dan berbakat dalam dunia literasi namun, dia belum berani mendalami bakat dan hobinya karena dia ingin fokus sekolah kala itu. Sedari SD hingga lulus MA dia tidak pernah meninggalkan bakat dan hobinya menulis. Awal memulai karyanya dia berawal dari menulis puisi pertamanya yang berjudul 'Mawarku' yang kala itu dia masih duduk dibangku kelas 5 SD. Dan sekarang harapan dan impian serta hobi itu perlahan-lahan menjadi nyata.
Bakat yang luar biasa.  Klo ngomongin puisi saya langsung ingat kak Mizan ni,  sahabat kita dikomunitas yang sama. Semangat Kak Eli,  asah terus bakatnya dan terus kembangkan. 

Berbagai tempat telah dia kunjungi untuk menambah wawasannya. Karena sejak lulus MA dia sudah pergi merantau demi menyambung perekonomian hidup. Tapi, semua itu tidak berlangsung lama, Qodarrullah.
Proses hidup kak Elin,  percayalah Allah tidak tidur dan Allah akan menghargai dan melipat gandakan amalan dari proses hidup yang kita jalani.  Bahasa anak jaman Naw "semua akan indah pada waktunya".

Dan kini dia memilih menetap dikampung halamannya karena permintaan orang tua dan melanjutkan hobi dan impian yang sempat tertunda yakni menjadi seorang penulis. Dan sekarang harapan dan impian itu telah dia dapatkan. Kini dia telah menjadi seorang penulis sejak satu tahun lalu. Dan sekarang dia telah mengepakan sayapnya di dunia literasi. Dan beberapa karyanya telah diterbitkan di beberapa penerbit yang ada di Indonesia.

Pendidikan :
- TK Dharmawanita 
- SD N 06 Inti 
- SD N 26 Durita  
- MTsN Lubuk Gadang  
- MAN 1 Solok 

Organisasi/pelatihan yang pernah diikuti :
- Assalam (Assosiasi Pelajar Islam) Kab. Solok
- Osis yang bertugas di departemen Iman dan Taqwa
- Pelatihan Olimpiade Matematika, Biologi, Kimia, dan Fisika.
- Forum Annisa
- Kursus Menjahit
- Sispala (Siswa Pecinta Alam)
- KIR (Karya Ilmiah Remaja)
- Rohis.

Lomba yang diikuti :
- Lomba Olimpiade Matematika tingkat kabupaten : Peringkat Harapan
- Lomba Olimpiade Kimia tingkat Provinsi : Jadi ke 20 dari 500 peserta se-Sumatra Barat
- Lomba Nulis Puisi Tingkat Nasional : 100 penulis terbaik dari 1.235 peserta se-Indonesia.
- Lomba Nulis Cerpen Tingkat Nasional : Predikat penulis favorit
- Lomba Nulis Quotes Tingkat Nasional : Predikat penulis favorit
- Dll
Luar biasa sekali jam terbang kak Elin dalam lomba-lomba ya sahabat,  ayo sahabat bloger jangan mau ketinggalan.

Karya yang telah terbit :
- 8 Antologi Cerpen
- 2 Antologi Quotes
- 3 Antologi Puisi
Wah karya yang sangat membanggakan kak Elin,  dalam satu tahun menulis sudah 3 karya yang diterbitkan.  Ini sesuatu banget kak. 

Dan mohon doanya semoga karya Solo / Novel bisa terbit tahun ini.
Amin,  optimis dan terus berjuang ya kak Elin. Insya Allah Biitnillah. 

Prinsip Hidup : "Sekali berjuang aku akan terus berjuang, sekali melepas tidak akan pernah ku kejar lagi."

Motto Hidup : "Kenali aku lewat tulisanku tidak dengan wajahku. Karena tulisanku adalah dakwahku."

Pas sekali dengan gambar di atas ya sahabat blogger. 

Sumber: Elin-Reti

Akun medsos :

Facebook 

Instagram

Blog

Twitter

Jangan lupa kunjungi medaosnya ya sahabat blogger. 

_"Jangan pernah lelah untuk berjuang, jangan pernah berhenti untuk terus berusaha. Karena, hasil tanpa usaha itu hanya tipuan belakang."_
-Anggrek Putih-


Semoga bisa jadi motivasi buat teman-teman semua agar selalu semangat menulis dan berkarya.

Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh Ikhwah.

Jumat, 12 Juni 2020

Sahabat Blogger Dira Andrayani

Sumber:Dira Andrayani


Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
Apa kabar sahabat bloger? 
Rimbo ulu, Sabtu 13 juni 2020. Dari sudut surgaku diiringi grmercik gerimis di pagi ini.  Saya ingin memperkenalkan sahabat bloggerku yang kebetulan sama-sama dr pulau sumatra. 
Siapa dia,  mari ta'aruf agar kita bisa saling mengenal. 
perkenalkan teman-teman nama  sahabat bloger pagi ini adalah:
Nama : Dira Andrayani 
Tempat tanggal lahir : lubuk Linggau , 18 Marc 2001 
Dan sekarang sedang berada di luar kota , kota Bengkulu karena harus melanjutkan pendidikan di salah satu universitas swasta , universitas Muhammadiyah Bengkulu , dengan jurusan pendidikan agama Islam .
Mudah-mudahan studynya diberi kemudahan ya sahabat blogger apa lagi di masa pandemi  Covid19 ini. 

Ia termasuk orang yang tidak mau ketinggalan dengan hal apapun , meskipun masih di bilang Seorang Maba ( mahasiswi baru) , namun saya sudah banyak penasaran dengan organisasi-organisasi yang ada di kampus .
Perlu di contoh Mahasiswa yang begini. 

Dan Ia orangnya jarang ngomong jikalau masih dengan orang yang baru saya kenal , saya lebih suka mendengarkan dari pada banyak berbicara , saya juga Murah senyum dan mudah untuk bergaul dengan orang baru . 

Hobby saya membaca dan mengetik , disela-sela waktu istirahat kuliah saya lebih memilih berdiam di masjid kampus , dengan disana saya bisa membaca dengan tenang dan sesekali saya merangkai kata-kata saya sendiri dan mengetik nya di labtop  . 
Itulah kenapa saya sangat tertarik dengan blogger ini.
Semoga hobi kak dira menjadi karya-karya yang akan di kenang dan dikenal untuk kita semua. 

Saya juga suka tu kumpul-kumpul dimajelis agama , saya senang ikut pengajian dan saya juga sering ikut pengajian dikampus , sebelum di kampus saya juga sudah sudah perna ikut pengajian waktu SMA dulu  , entah itu pengajian untuk anak muda bahkan sampai pengajian ibu-ibu saya ikut . Hehehhe 

Dan sekarang saya sedang menekuni dunia blogger mahasiswa , semoga saya bisa terus berkarya dalam dunia blogger ini . 

Sumber: Dira

Motto saya : Sebaik - baik wanita Sholehah ialah yang mempunyai rasa malu 
Saya berkeinginan menjadi seorang guru , yaitu guru agama Islam , saya ingin generasi-generasi selanjutnya mempunyai iman yang kuat yang tidak mudah goyah dengan hal duniawi .
Amin motto muslimah yang luar biasa,  semoga dipermudah dan mendapatkan jalan yang mudah dari Allah. Amin. 

Riwayat pendidikan : 
- SD Negerigeri batu Bandung
- SMP Negeri 1 muara Beliti 
- SMA Negeri 1 muara Beliti 
-perna berada di rumah tahfidz Qur'an Bengkulu ( namun tidak sampai selesai) 
- dan Sekarang sebagai mahasiswi universitas Muhammadiyah Bengkulu . 

Untuk bisa lebih kenal lebih dekat ayo jabani kak Dira di :
FB : Dira Andrayani 

Ig : Dira andrayani18


Blogger : tinta suci 

Wa : 082177028709


Kamis, 11 Juni 2020

Sahabat Blogger Super Special Reti Suryani

Sumber: Reti Suryani

    Bismillahi rohmani rohim
    Assalamualaikum wr... wb....
    Apa kabar sahabat bloger, hari ini tanggal 11 juni 2020 dari Tebo kecamatan Rimbo ulu. saya susanto ingin memperkenalkan kepada sahabat semua, salah seorang sahabat blogger yang sangat special..... special ya, ya special banget. ayo kita kenalan dengan sahabat blogger yang satu ini.

Sahabat blogger kenalin wanita cantik namun cengeng tapi tidak manja hehe.
Nama: Reti suryani  panggilan sehari hari  dirumah di panggil kak reti. Dan jika di kampus  di panggil umi, anak pertama dari dua saudara.

Lahir pada tanggal 09 - maret - 1997 saya bertempat tinggal di lubuk linggau . 
Namun sekarang  sedang menempuh pendidikan di universitas muhammadiyah bengkulu dan jurusan yang diambil pendidikan agama islam.

Secara kepribadian saya cukup disiplin dan saya juga humoris, sangat menghargai orang lain apalagi terhadap orang yang lebih tua. Saya juga selalu bersikap ramah tama dan murah senyum. Iya terkadang seperti itu terkadang saya mudah sekali untuk bosan dalam hal apapun.

Di waktu senggang kuliah,dia juga suka membaca karna berdasarkan hobby nya yaitu  tak lepas dari membaca, puisi, dan  juga hobby menghafal,
Dan pada saat ini dia telah belajar membuat video dari suaranya sendiri, beliau juga suka photography walaupun belum terlalu bisa untuk saat ini tapi dia selalu berusaha.
ada satu cita-cita yang dia inginkan belum tercapai,
-penyiar radio
-media center

Dan dalam Minggu ini beliau belajar mengedit kartun Muslimah karena rasa penasaran yang tinggi dan  punya niat " Harus Bisa apapun Masalahnya"

MOTTO: Sebaik-baik Ilmu yang paling baik adalah ilmu agama.

 Memiliki cita - cita:

1.Penghafal al - quran
2.Mentri Agama
3. Dosen

Aamiin allahumma aamiin
Dalam setiap kepribadian seseorang pasti mempunyai kekurangan begitupun dengannya, terkadang dia  kalau lagi marah bisa menjadi sosok orang yang sangat pendiam, dan terkadang ada waktu nya  kurang percaya diri entah dengan menjadi pemalu atau tiba - tiba bisa saja menghilang dari sekumpulan teman - temannyadi kampus.

Pengalaman:
_Pernah tinggal di asrama 3 tahun
_ Satu tahun ngajar (pondok pesantren arrisalah Lubuklinggau)
_Juara 1 Pencak Silat
_Juara 1 Lomba Lari 

_ 2 Tahun tinggal di_ asrama Rusunawa Siti Walidah Kota Bengkulu
_ Musyawarah Nasional Forsima Pai Se-Indonesia (Universitas Negeri Imam Bonjol Kota Padang Mewakili Hima Pai)

Kenapa di asrama menyenangkan? 
karena selain terjaga ada peraturan - peraturan kecil yang  membuat nyaman tinggal diasrama .

Riwayat pendidikan :

-SD Negeri 1 tanjung agung
-SMP Muhammadiyah Tanjung Agung 
dan melanjutkan ke -Pondok Pesantren Modern Arrisalah Lubuk Linggau.
-Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Bengkulu

Sumber: Reti Suryani


    Reti Suryani adalah ketua Komunitas Blogger Mahasiswa, parasnya yang anggun dan cantik tentu punya gaya tarik tersendiri ya sahabat. tapi coba kita cari tahu lagi sisi lain wanita ini ya. 
Ada banyak hal yang disukai sosok Wanita yang memiliki rasa penasaran yang tinggi, sehingga segala sesuatu ia wajib untuk mencobanya, salah satunya design, menulis, pencak silat, menari, dia sosok wanita yang sangat tegas dalam kehidupan nya tegas tapi tidak menyakiti....
wah menyukai banyak hal dengan banyak bidang, ini special karna kebanyakan kita hanya mendalami dalam bidang tertentu saja ya sahabat.

Meski demikian, setiap orang tentu memiliki kekurangan dan kelebihan bukan? Dia adalah wanita yang paling mudah bosan dengan sesuatu apapun, kebayangkan ? 
Dengan kalimat bosan, itulah kekurangannya, dengan memiliki rasa ingin tahu tinggi dia juga cepat sekali bosannya. Semoga cepat berubah dari rasa jenuh yang tiada arti.
Hal yang paling menakutkan dari sebuah perkenalan adalah perpisahan, perpisahan yang menyakiti hati menggunggah jiwa, dari hal yang pernah ku temui   tak kenal maka tak'aruf.
Jadi Baper ya sahabat blogger....

Sumber: Reti Suryani

Wanita nan anggun parasnya ini salah satu wanita aktif yang ada di tanah air kita ini lo. Berikut ini adalah organisasi dan komunitas yang pernah singgah didalam kehidupan dunia nya didalam maupun diluar kampus: 
1. IMM (Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah)
-Sekretaris Wirausaha
-Bendahara Umum
-Instruktur IMM 
-Sekretaris Bidang tabligh PC IMM Bengkulu

2. Kompaq (Komunitas mahasiswa pencinta Al-Qur'an )
- Bendahara umum 

3. Blogger Bengkulu
-Anggota

4. Paduan suara UMB 
- Anggota

5. Hima Pai (Himpunan Mahasiswa pendidikan agama Islam)
-Kabid Keagamaan

6. FORSIMAPAI SE-INDONESIA 
- BIdang Advokasi

7. Mpq (Muslimah Pencinta Al-Qur'an bengkulu)
- Bidang PSDM

8. MPPI (Mahasiswa Muslimah Pencinta Islam)
- Pengurus tahsin

9. SYI LITERASI
-Humas Syi Literasi

10. Raflesia Motions

11. KOMUNITAS BLOGGER MAHASISWA SE-INDONESIA 
-Ketua Blogger Mahasiswa se-Indonesia

Untuk lebih mengenal sosok Reti Suryani, Sahabat bisa follow dan saling taaruf untuk saling mengenal melalui media berikut ini:

fb: Reti suryani

Ig:Retisuryani



YouTube: Reti Suryani


wa:081278326395

Salam Literasi Sahabat Blogger

Wasalamualaikum wr.... wb....

Rabu, 10 Juni 2020

Sahabat Blogger (Nulis Bareng)


Foto: Mursyidah Auni

Assalamu'alaikum wr.... wb....
Apa kabar sahabatku semuanya,  semoga hari-hari kita diberi kenikmatan dan selalu diberi keindahan oleh Allah SWT... Amin

Kali ini saya mau kenalin sahabat saya yang ada di sulawesi barat.  

Siapa dia? Dia Dalah Mursyidah Auni. Saya pertama kali mengenalnya dari komunitas bloger mahasiswa.

Mursyidah Auni lahir di Polman pada tanggal 19 Juni 2001. Anak pertama dari 4 bersaudara. Ia  menempuh pendidikan di SDN. No.2 Budong-Budong, lanjut pendidikan madrasah tsanawiyah dan madrasah Aliyah di Pondok Pesantren Nurul Ilmi Mamuju Tengah Sul-Bar. 
Katanya sih saudariku ini pemarah tapi kemungkinan itu efek sifat tegas dan disiplin ya,  karna jika dilihat-lihat orangnya tergolong periang dan hobi bercerita.  Hmmmm hobi bercerita atau kelebohan kosa kata ya.... cerewet ya?  Ngak kok Dia ngak cerewet orangnya asik diajak ngobrol. 
Traveling adalah salah satu hobinya,  selain menikmati keindahan alam dan juga sebagai penghibur gunda lara sekaligus bisa mengobati suasana hati yang lagi galau kali ya,  ya itu juga menjadi salah satu hobi saudariku yang satu ini lo. Selain itu Ia juga suka baca puisi.  Lo kok tahu?  Ya itu kelihatan dari catatan partisipasinya dalam ajang lomba puisi, jelas dong Ia pasti suka baca puisi. 
Saat ini, Ia melanjutkan pendidikan di provinsi Sul-Bar yaitu di kabupaten Majene. Mengambil prodi Komunikasi dan Penyiaran Islam STAIN MAJENE mahasiswi Semester 2.  Saudara saya ini juga salah satu orang yang berpegang pada prinsip dan prinsip hidupnya: adalah dengan menjalani hidup penuh dengan kesederhaan karena terkadang orang lupa bahwa bahagia itu tidak perlu mewah cukup syukuri yang telah menjadi kehendak pencipta, jadilah diri sendiri dan temukan cara bahagia dan berekspresi untuk diri sendiri dan orang sekitar. Tak ada yang sempurna karena semua butuh proses. Impian kedepan semoga bisa memberi manfaat untuk diri sendiri dan orang lain, dapat mengemban kebaikan melalui  cara menulis. 
Gimana-gimana,  masih penasaran atau malah tambah penasaran.  Hmmm...  Klo gitu kenalan dengan orangnya langsung ya. 
Bisa komunikasi lewat IG  https://www.instagram.com/idhamursyidah19/
kunjungi blog dan ikuti ya : Idhanuril.blogspot.com


Sekian dan terima kasih atas partisipasinya dan jangan lupa mari kita menjalin silaturahmi.

 

Sahabat Bloger Mursyidah Auni

Foto: Mursyidah Auni

Assalamu'alaikum wr.... wb....
Apa kabar sahabatku semuanya,  semoga hari-hari kita diberi kenikmatan dan selalu diberi keindahan oleh Allah SWT... Amin

Kali ini saya mau kenalin sahabat saya yang ada di sulawesi barat.  

Siapa dia? Dia Dalah Mursyidah Auni. Saya pertama kali mengenalnya dari komunitas bloger mahasiswa.

Mursyidah Auni lahir di Polman pada tanggal 19 Juni 2001. Anak pertama dari 4 bersaudara. Ia  menempuh pendidikan di SDN. No.2 Budong-Budong, lanjut pendidikan madrasah tsanawiyah dan madrasah Aliyah di Pondok Pesantren Nurul Ilmi Mamuju Tengah Sul-Bar. 
Katanya sih saudariku ini pemarah tapi kemungkinan itu efek sifat tegas dan disiplin ya,  karna jika dilihat-lihat orangnya tergolong periang dan hobi bercerita.  Hmmmm hobi bercerita atau kelebohan kosa kata ya.... cerewet ya?  Ngak kok Dia ngak cerewet orangnya asik diajak ngobrol. 
Traveling adalah salah satu hobinya,  selain menikmati keindahan alam dan juga sebagai penghibur gunda lara sekaligus bisa mengobati suasana hati yang lagi galau kali ya,  ya itu juga menjadi salah satu hobi saudariku yang satu ini lo. Selain itu Ia juga suka baca puisi.  Lo kok tahu?  Ya itu kelihatan dari catatan partisipasinya dalam ajang lomba puisi, jelas dong Ia pasti suka baca puisi. 
Saat ini, Ia melanjutkan pendidikan di provinsi Sul-Bar yaitu di kabupaten Majene. Mengambil prodi Komunikasi dan Penyiaran Islam STAIN MAJENE mahasiswi Semester 2.  Saudara saya ini juga salah satu orang yang berpegang pada prinsip dan prinsip hidupnya: adalah dengan menjalani hidup penuh dengan kesederhaan karena terkadang orang lupa bahwa bahagia itu tidak perlu mewah cukup syukuri yang telah menjadi kehendak pencipta, jadilah diri sendiri dan temukan cara bahagia dan berekspresi untuk diri sendiri dan orang sekitar. Tak ada yang sempurna karena semua butuh proses. Impian kedepan semoga bisa memberi manfaat untuk diri sendiri dan orang lain, dapat mengemban kebaikan melalui  cara menulis. 
Gimana-gimana,  masih penasaran atau malah tambah penasaran.  Hmmm...  Klo gitu kenalan dengan orangnya langsung ya. 
Bisa komunikasi lewat IG  https://www.instagram.com/idhamursyidah19/
kunjungi blog dan ikuti ya : Idhanuril.blogspot.com


Sekian dan terima kasih atas partisipasinya dan jangan lupa mari kita menjalin silaturahmi.

 

Selasa, 09 Juni 2020

Sahabat Blogger Mizan Al Jabar

Foto: Mizan Al Jabar

MIZAN AL JABAR

Susanto (Rimbo Ulu, 10 Juni 2020)

    Sahabat bloger dimanapun sahabat berada saya mau kenalin sahabat bloger yang luar biasa MIZAN AL JABAR. gimana sih orangnya. ayo kenali sahabat saya yang satu ini.
    Saya lahir dan dibesarkan di daerah terpencil  di sebuah desa di Kabupaten Lumajang. Daerah yang terapit oleh tiga kota, yaitu Kota Malang,Probolinggo, serta Jember. Dalam dunia literasi, saya bisa dibilang awam dan hampir tidak tahu apa-apa serta tak mengetahui apa-apa. Mungkin berawal dari sana, saya bertekad untuk terus belajar dalam dunia baca tulis. 


    Sebenarnya, saya itu lebih suka berkelana atau bahasa agak kerennya bisa dibilang "touring" dengan menggunakan motor tua yang bernama scooter. Menjelajah dari tempat satu ke tempat lainnya, dari kota satu ke kota lainnya  bahkan bisa antar propinsi maupun antar pulau. Adapun kota yang oernah saya singgahi ketika touring menggunakn scooter adalah Pulau Bali, Kota Banyuwangi, Jember, Probolinggo, Pasuruan, Malang, Surabaya, Mojokerto, Jombang, Lamongan, Tuban, Rembang, Pati, Kudus, Demak, Semarang, Temanggung, Wonosobo, Banjarnegara, Salatiga, Magelang , Solo, Sleman, Yogjakarta, Pacitan, Trenggalek, Tulungagung, serta Blitar. 
    Bukan tanpa alasan mengapa saya suka touring! Di samping mengenal hal-hal baru, saya juga suka tentang keanekaragamaan bangsa ini, seperti halnya keanekaragaman budaya, tempat-tempat wisata, bahasa, kuliner bahkan agama sekalipun. Dalam dunia tulis-menulis, baru kemarin-kemarin saja semenjak adanya penyakit yang namanya Corona Virus, saya sangat tertarik dan bisa dibilang sering  menulis di blog. Sebelum itu saya biasanya aktif dalam mengedit sebuah gambar atau vidio di aplikasi gawai.
    Kalau dalam dunia baca-membaca, mungkin waktu baru masuk kuliah di STKIP Muhammadiyah Lumajang saja perihal itu menjadi sebuah kegemaran. Baca buku, baca puisi, atau bahkan baca teka-teki silang. Hehe....
    Dalam berkuliah, saya juga mengikuti sebuah organisasi di kampus. Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah adalah sebuah langkah awal saya untuk meniti jalan dalam berkiprah guna terus ber-fastabiqul khairat demi berkemajuan dan berikhtiyar menolak kejumudan.



Instagram: @Mizan_Aljabar

Facebook: Mizan Aljabar

Youtube: Mizan Aljabar

Blogger: Mizanaljabar.blogspot.com

WhatsApp: 0856-4518-9781

Gimana asik kan dengan sahabat blogger kita kali ini. ayo di follow ya, jangan lupa kunjungi link bareng kami:

Sahabat Bloger FIRDANI NUR AFIQOH

Rimbo ulu, 10 Juni 2020
Susanto
Foto:Firdani Nur Afiqoh

Assalamualaikum warohmatullahi wabarokatu
Salam sejahtera bagi kita sebua
    Sahabat Bloger, saya mau kenalin kalian dengan temen saya yang kece badai dari lamongan, namanya FIRDANI NUR AFIQOH Wanita kelahiran 27 Januari 1997 dari kota Lamongan, ini lebih dikenal dengan nama panggilan firda. Putri dari bapak Drs. H. Ramelan dan ibu Hj. Nur mutammimah ini, kini ia sedang menempuh pendidikan di salah satu sekolah tinggi ilmu kesehatan Nahdlotul Ulama' di tuban dan mengambil Program Study Profesi Ners setelah sebelumnya ia telah menyelesaikan Study S1 Keperawatannya di Kampus yang sama.
    Ia menyukai dunia kepenulisan sejak SMP, dan seringkali mengikuti lomba ajang menulis di sekolahnya. Meski tidak mendapatkan juara, namun ia mendapat pengalaman yang sangat berharga dari setiap episode kehidupannya. Karena tekad dan hobinya dalam menulis ia juga pernah mengikuti Sekolah Menulis Online yang diselenggarakan oleh penerbit Mitra Karya. Dan sekolah yang didalamnya dapat mengasah kemampuannya dalam menulis. Meski ia sering kali sibuk dengan tugas kuliyah dan praktiknya di rumah sakit hingga tidak sempat untuk menulis, namun ia selalu bertekad dan mengusahakan untuk selalu menulis walau hanya 1 paragraf saja dalam 1 hari. Karena Tekadnya yang selalu ditanamkan dalam hatinya,
    "Menulislah, Karena Setiap orang punya cara sendiri untuk menghibur diri. Salah satu cara termurah menghibur diri agar terhindar stres dan depresi adalah dengan menulis.
Dengan menulis, kita akan banyak melatih menyeimbangkan otak kanan dan kiri kita.
Menulislah, dengan menulis kita akan meng-abadikan diri dan jiwa kita.
Menulislah, menulis aja. Gak usah peduliin bagus apa tidak, yang penting nulis aja.
Gak peduli ada yang baca atau tidak, karena menulis adalah cara termurah menghibur diri.
Semakin banyak menulis, kita akan semakin paham, bahwa tidak ada yang kosong dalam hidup ini, karena semua terisi oleh tinta pena kita.
Menulislah, karena dengan menulis kita akan temui banyak makna.
Tak percaya??? Menulislah, agar kau percaya".
Penulis dapat dihubungi melalui, 
Whatsapp : 085646219518
Telegram : 085646219518
Facebook firdani nur afiqoh
Instagram firdani_nur_afiqoh

PENDIDIKAN FORMAL
2001 – 2003 TK  Muslimat Nu Roudlotul Muta'abbidin
2003 – 2009 SDN PAYAMAN Solokuro Lamongan
2009 – 2012 SMPN 1 SOLOKURO Lamongan
2012 – 2015 SMA Dr. Musta'in Romly Payaman Solokuro Lamongan
2015 – 2019 S1 Keperawatan Stikes Nu Tuban
2019 – 2020 Program Profesi Ners Stikes Nu Tuban

PENDIDIKAN NON-FORMAL
2009 – 2015 PP. Roudlotul Muta'abbidin Payaman - LAMONGAN
2015 -  2017 PP. Al-qur'an – Tuban

KEORGANISASIAN
2012 - 2015 : IPPNU Payaman Solokuro Lamongan
2012 – 2015 : ISMU (Ikatan Santri Muta'abbidin Payaman Lamongan)
2017 – 2018 : Kabid PP. Kohati HMI (Himpunan Mahasiswa Islam Tuban) 
2015 – 2017 : Sekbid. Keagamaan PIK (Pusat Informasi & Konseling Spesial Stikes Nu tuban)
2015 – 2019 : Tim Anggota Sholawat Kanjeng Stikesnu Tuban
2020 – Sekarang : Tim KSR Relawan PMI Tuban


Akun Instagram👇

Chanel Youtube 👇

Akun Blogger 👇
Ada berberapa tulisan yang semoga bisa mengispirasi dan bisa memberi manfaat bagi yang membaca ataupun yang menulis👇
1. NURSE IS MY PROFESSION

2. PERAWAT MALAIKAT TAK BERSAYAP

3. SRATEGI PETANI MILENIAL BANGKITKAN PERTANIAN LEBIH BERMAKNA HADAPI COVID-19

4. MUROJAAH ONLINE MASA lOCK DOWN

5. SARJANA

6. 10 QUOTES MOTIVASI TERBAIK

7. MELIHAT KEATAS

8. NEVER GIVE UP

9. TEKNIK MENULIS DAN CARA MENJADI PENULIS
 
10. STOP JADI KAUM REBAHAN

11. MENJADI PENDONGENG ASYIK

12. MENJADIKAN HAL YANG MUSTAHIL MENJADI MUNGKIN

13. KUMPULAN PUISI KOMUNITAS BLOGGER INDONESIA

14. MENJEMPUT IMPIAN DENGAN CARA YANG GILA

15. MENEMBUS BATAS, MENJEMPUT MIMPI

16. LANGKAH MENJADI MOTIVATOR DAN PEMBICARA HEBAT

17. CINTA DAN HATI

18. IKHLAS

19. PENDIDIKAN KARAKTER ORANGTUA DAN ANAK

20. SENJA

21. JURUS CEPAT BELAJAR NAHWU SHOROF SISTEM QUR'ANY

22. PERAN KONGKRIT SANTRI DAN MILLENIAL TERHADAP COVID-19 DI INDONESIA DAN DUNIA”

23. Jadilah Spesialis atau Generalis

24. 22 Hal Sepeleh Yang Kadang Dilewatkan Begitu Saja Saat Anda Ingin Menguasai Panggung / Forum

25. Trik Gila Berani Berbicara (Bermakna) Di Hadapan Banyak Orang

26. Bussines From Home, In the Month Of Ramadhan

27. MENGUBAH JIWA REBAHAN MENJADI JIWA SEMANGAT BERLITERASI GUNA MEMBANGUN PERADABAN SUATU NEGERI

28. Build the Millenials Dreams Come True With Religy and Soul Nation

29. Kisah Inspiratif

30. Namaku



Sabtu, 06 Juni 2020

AYAT-AYAT PENANGKAL KEJAHATAN SETAN, JIN DAN MANUSIA

AYAT-AYAT PENANGKAL KEJAHATAN SETAN, JIN DAN MANUSIA


Susanto Ijazah Gus Cokro (Posting) Rimbo ulu, 6 Juni 2020

 

Yaitu Surat Al Baqarah [2]:255,  Surat Al A’raf [7]: 54-55, Surat As Shaffat [37]: 1-10, Surat Ar Rahman [55]: 33-35 dan Surat Al Hasyar [59]: 22-24. Masing-masing adalah sebagai berikut :

 

اَللهُ لآاِلهَ اِلاَّهُوَاْلحَيُّ اْلقَيُّوْمُ . لاَتَأْخُذُه سِنَةٌ وَّلاَنَوْمٌ  . لَه مَافىِ السَّموتِ وَمَا فىِ اْلاَرْضِ، مَنْ ذَالَّذِيْ يَشْفَعُ عِنْدَه اِلاَّبِاِذْنِه . يَعْلَمُ مَابَيْنَ اَيْدِ يْهِمْ وَمَاخَلْفَهُمْ وَلاَيُحِيْطُوْنَ بِشَيْءٍمِّنْ عِلْمِه اِلاَّبِمَاشَآءَ . وَسِعَ كُرْسِيُّهُ السَّموتِ واْلاَرْضَ . وَلاَيَئُوْدُهُ حِفْظُهُمَا وَهُوَالْعَلِيُّ الْعَظِيْمُ

ALLAHU LA ILAHA ILLA HUWAL HAYYUL QOYYUM. LA TA’KHUDZUHU SINATUW WALA NAUM. LAHU MA FIS SAMAWATI  WAMA FIL ARDLI. MAN DZAL LADZI YASYFA’U ‘INDAHU ILLA BIIDZNIH. YA’LAMU MA BAINA AIDIHIM WAMA KHOLFAHUM WALA YUHITHUNA BISYAI-IM MIN ‘ILMIHI ILLA BIMASYA’. WASI’A KURSIYYUHUS SAMAWATI  WAL ARDLO WALA YAUDUHU HIFDHUHUMA WAHUWAL ALIYYUL ADHIM

Allah, tiada Tuhan melainkan Dia Yang Hidup Kekal lagi terus menerus mengurus (makhlukNya) tidak mengantuk dan tidak tidur. KepunyaanNya apa yang di langit dan di bumi. Siapakah yang dapat memberi syafaat di sisi Allah tanpa izinNya?. Allah Mengetahui apa-apa yang di hadapan mereka dan di belakang mereka, dan mereka tidak mengetahui apa-apa dari ilmu Allah melainkan apa yang dikehendakiNya. Kursi Allah meliputi langit dan bumi. Dan Allah tidak merasa berat memelihara keduanya, dan Allah Maha Tinggi lagi Maha Besar.(QS Al Baqarah, 2 : 255)

 

اِنَّ رَبَّكُمُ اللهُ الَّذِيْ خَلَقَ السَّموتِ واْلاَرْضَ فيِ سِتَّةِ اَيَّامٍ ثُمَّ اسْتَوى عَلى َالْعَرْشِ . يُغْشيِ الَّيْلَ النَّهَارَ يَطْلُبُهُ حَثِيْثَا . وَّالشَّمْسَ وَالْقَمَرَوَالنُّجُوْمَ مُسَخَّرتٍ بِاَمْرِهِ . اَلاَلَهُ الْخَلْقُ وَاْلاَمْرُ . تَبرَكَ اللهُ رَبُّ الْعَلَمِيْنَ . اُدْعُوْارَبَّكُمْ تَضَرُّعًاوَّ خُفْيَةً . اِنَّهُ لاَيُحِبُّ الْمُعْتَدِيْنَ . وَلاَتُفْسِدُوْافىِ اْلاَرْضِ بَعْدَ اِصْلاَحِهَاوَادْعُوْهُ خَوْفًاوَّطَمَعًا  .  اِنَّ رَحْمَتَ اللهِ قَرِيْبٌ مِّنَ الْمُحْسِنِيْنَ .

INNA ROBBAKUMULLOHUL LADZI KHOLAQOS SAMAWATI WAL ARDLO FI SITTATI AYYAMIN TSUMMASTAWA ‘ALAL ‘ARSY. YUGHSYIL LAILLAN NAHARO YATHLUBUHU HATSITSA. WASSYAMSA WAL QOMARO WAN NUJUMA MUSAKH-KHOROTIM BIAMRIH. ALA LAHUL KHOLQU WAL AMR. TABAROKALLOHU AHSANUL KHOLIQIN. UD’U ROBBAKUM TADLORRU’AW WAKHUFYAH. INNAHU LA YUHIBBUL MU’TADIN. WALA TUFSIDU FIL ARDLI BA’DA ISHLAHIHA WAD’UHU KHOUFAW WATHOMA’A. INNA ROHAMATALLOHI QORIBUM MINAL MUHSININ

Sesungguhnya Tuhan kamu ialah Allah yang telah menciptakan langit dan bumi dalam enam masa, lalu Dia bersemayam di atas ‘arasy. Dia menutupkan malam kepada siang yang mengikutinya dengan cepat, dan (ciptaanNya pula) matahari, bulan dan bintang-bintang, (masing-masing) tunduk pada perintahNya. Ingatlah, menciptakan dan memerintahkan hanyalah hak Allah, Maha Suci Allah, Tuhan semesta alam. Berdoalah kepada Tuhanmu dengan berendah diri dan suara yang  lembut. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang melampui batas. Dan janganlah kamu membuat kerusakan di muka bumi sesudah (Allah) memperbaikinya, dan berdoalah kepadaNya dengan rasa takut (tidak akan diterima) dan harapan (akan dikabulkan). Sesungguhnya rahmat Allah amat dekat kepada orang-orang yang berbuat baik. (QS Al A’raf 7 : 54-55)

 

وَالصَّفّتِ صَفَّا . فَالزّجِرتِ زَجْرًا . فَالتّلِيتِ ذِكْرًا .اِنَّ اِلهَكُمْ لَوَاحِدٌ  .رَبُّ السَّموتِ وَاْلاَرْضِ وَمَابَيْنَهُمَا وَرَبُّ الْمَشَارِقِ . اِنَّا زَيَّنَّا السَّمَاءَ الدُّنْيَا بِزِيْنَةِن الْكَوَاكِبِ . وَحِفْظًامِّنْ كُلِّ شَيْطنٍ مَّارِدٍ . لاَيَسَّمَّعُوْنَ الِىَ الْمَلاَِ اْلاَعْلى وَيُقْذَفُوْنَ مِنْ كُلِّ جَانِبٍ . دُحُوْرًا وَّلَهُمْ عَذَابٌ وَّاصِبٌ. اِلاّ َمَنْ خَطِفَ الْخَطْفَةَ فَاَتْبَعَهُ شِهَابٌ ثَاقِبٌ .

BISMILLAHIRROHAMNIRROHIM. WASH-SHOFFATI SHOFFA. FAZZAJIROTI ZAJRO. FATTALIYATI DZIKRO. INNA ILAHAKUM LAWAHID. ROBBUSSAMAWATI WAL ARDLI WAMA BAINAHUMA WAROBBUL MASYARIQ. INNA ZAYYANNAS SAMAAD DUN-YA BIZINATINIL KAWAKIB WAHIFDHOM MIN KULLI SYAITHOIM MARID. LA YASSAMMAUNA ILAL MALAI A’LA WAYUDZAFUNA MINKULLI JANIB. DUHUROW WALAHUM ‘ADZABUW WASHIB. ILLA MAN KHOTHIFAL KHOTHFATA FA-ATBA’AHU SYIHABUN TSAQIB

Demi (rombangan) yang bershaf-shaf dengan sebenar-benarnya. Dan demi (rombangan) yang melarang dengan sebenar-benarnya (dari perbuatan-perbuatan maksiat). Dan demi (rombongan) yang membacakan pelajaran. Sesungguhnya Tuhanmu benar-benar Esa.  Tuhan langit dan bumi dan apa yang berada di antara keduanya dan Tuhan tempat-tempat terbit matahari. Sesungguhnya Kami telah menghias langit yang terdekat dengan hiasan, yaitu bintang-bintang. Dan telah memeliharanya (sebenar-benarnya) dari setiap setan yang sangat durhaka. Setan-setan itu tidak dapat mendengar-dengarkan (pembicaraan) para malaikat dan mereka dilempari dari segala penjuru. Untuk mengusir mereka dan bagi mereka siksaan yang kekal. Akan tetapi barangsiapa (di antara mereka) yang mencuri-curi (pembicaraan), maka ia dikejar oleh suluh api yang cemerlang.

(QS As Shaffat, 37 : 1-10)

 

يمَعْشَرَالْجِنِّ وَالاِْنْسِ اِنِ اسْتَطَعْتُمْ اَنْ تَنْفُذُوْامِنْ اَقْطَارِالسَّموتِ وَاْلاَرْضِ فَانْفُذُوْا لاَتَنْفُذُوْنَ اِلاَّبِسُلْطنٍ. فَبِاَيِّ الآَءِ رَبِّكُمَا تُكَذِّبنِ . يُرْسَلُ عَلَيْكُمَاشُوَاظٌ مِّنْ نَّارٍ وَّنُحَاسٌ فَلاَتَنْتَصِرَانِ.

YA MA’SYAROL JINNI WAL INSI INISTATHO’-TUM AN TANFUDZU ,MIN AQTHORISSAMAWATI WAL ARDLI FANFUDZU. LA TANFUDZUNA ILLA BISULTHON. FABIAYYI ALAI ROBBIKUMA TUKADZ-DZIBAN. YURSALU ‘ALAIKUMA SYUWADHUM MIN NARIW WANUHASUN FALA TANTASHIRON

Hai jama'ah jin dan manusia, jika kamu sanggup menembus (melintasi) penjuru langit dan bumi, maka lintasilah, kamu tidak dapat menembusnya kecuali dengan kekuatan. Maka nikmat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan?. Kepada kamu, (jin dan manusia) dilepaskan nyala api dan cairan tembaga maka kamu tidak dapat menyelamatkan diri (dari padanya). (QS Ar-Rahman 55 ; 33-35)

 

هُوَاللهُ الَّذِيْ لاَاِلهَ اِلاَّ هُوَ عَالِمُ الْغَيْبِ وَالشَّهَادَةِ هُوَالرَّحْمنُ الرَّحِيْمُ. هُوَاللهُ الَّذِيْ لاَاِلهَ اِلاَّهُوَ اَلْمَلِكُ الْقُدُّوْسُ السَّلمُ الْمُؤْمِنُ الْمُهَيْمِنُ الْعَزِيْزُ الْجَبَّارُالْمُتَكَبِّرُ سُبْحنَ اللهِ عَمَّايُشْرِكُوْنَ. هُوَ اللهُ الخَالِقُ الْبَارِئُ الْمُصَوِّرُلَهُ اْلاَسْمَاءُ الْحُسْنيَ يُسَبِّحُ لَهُ مَافىِ السَّموتِ وَاْلاَرْضِ وَهُوَالْعَزِيْزُالْحَكِيْمُ .

HUWALLAHUL LADZI LA ILAHA ILLA HU. ‘ALIMUL GHOIBI WAS SYAHADAH, HUWARROHMANURRAHIM. HUWALLAHUL LADZI LA ILAHA ILLA HUWAL MALIKUL QUDDUSUS SALAMUL MU’MINUL MUHAIMINUL AZIZUL JABBARUL MUTAKABBIR. SUBHANALLAHI ‘AMMA YUSYRIKUN. HUWALLAHUL KHOLIQUL BARI-UL MUSHOWWIRU LAHUL ASMAUL HUSNA. YUSABBIHU LAHU MA FISSAMAWATI WAL ARDLI. WAHUWAL ‘AZIZUL HAKIM

Dialah Allah Yang tiada Tuhan selain Dia, Yang Mengetahui yang ghaib dan yang nyata, Dia-lah Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang. Dialah Allah Yang tiada Tuhan selain Dia, Raja Yang Maha Suci, Yang Maha Sejahtera, Yang Mengaruniakan Keamanan, Yang Maha Memelihara, Yang Maha Perkasa, Yang Maha Kuasa, Yang Memiliki segala Keagungan, Maha Suci Allah dari apa yang mereka persekutukan.  Dialah Allah Yang Menciptakan, Yang Mengadakan, Yang Membentuk Rupa, Yang Mempunyai Asmaul Husna. Bertasbih kepadaNya apa yang di langit dan bumi. Dan Dialah Yang Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana. (QS Al Hasyr 59; 22-24(

Al Hasan bin Ali bin Abi Thalib berkata,  “saya dapat menjamin siapapun yang membaca 20 ayat di atas akan terlindungi dari bahaya setan, penguasa yang zalim, pencuri yang menggarong ataupun binatang yang buas”.

 

 

 

ASMAUL HUSNA (99 NAMA-NAMA ALLAH)

 

1.

َاللهُ

ALLAH

ALLAH

2.

الرَّحْمَنُ

ARROHMAN

YANG MAHA PEMURAH

3.

الرَّحِيمُ

AR-RAHIM

YANG MAHA PENYAYANG

4.

الْمَلِكُ

AL-MALIK

YANG MAHA RAJA

5.

الْقُدُّوْسُ

AL-QUDDUS

YANG MAHA SUCI

6.

السَّلاَمُ

AS-SALAM

YANG MAHA SEJAHTERA

7.

الْمُؤْمِنُ

AL MU’MIN

YANG MAHA TERPERCAYA

8.

الْمُهَيْمِنُ

AL MUHAIMIN

YANG MAHA MEMELIHARA

9.

الْعَزِيْزُ

AL’AZIZ

YANG MAHA PERKASA

10.

الْجَبَّارُ

AL JABBAR

YANG MAHA KUASA

11.

الْمُتَكَبِّرُ

AL MUTAKABBIR

YANG MAHA MEMILIKI KEKUASAAN

12.

الْخَالِقُ

AL KHALIQ

YANG MAHA PENCIPTA

13.

الْبَارِئُ

AL BARI-U

YANG MAHA MENGADAKAN

14.

الْمُصَوِّرُ

AL MUSHOWWIR

YANG MAHA PEMBUAT BENTUK

15.

الْغَفَّارُ

AL GHOFFAR

YANG MAHA PENGAMPUN

16.

الْقَهَّارُ

AL QAHHAR

YANG MAHA PERKASA

17.

الْوَهَّابُ

AL WAHHAB

YANG MAHA PEMBERI

18.

الرَّزَّاقُ

AR ROZZAQ

YANG  MAHA MEMBERI RIZKI

19.

الْفَتَّاحُ

AL FATTAH

YANG MAHA PEMBUKA

20.

الْعَلِيمُ

AL ’ALIM

YANG MAHA MENGETAHUI

21.

الْقَابِضُ

AL QOBIDL

YANG MAHA MENYEMPITKAN

22.

الْبَاسِطُ

AL BASITH

YANG MAHA MELAPANGKAN

23.

الْخَافِضُ

AL KHOFIDL

YANG MAHA MERENDAHKAN

24.

الرَّافِعُ

AR RAFI’

YANG MAHA MENINGGIKAN

25.

الْمُعِزُّ

AL MU’IZ

YANG MAHA MEMULIAKAN

26.

الْمُذِلُّ

AL MUDZIL

YANG MAHA MENGHINAKAN

27.

السَّمِيْعُ

AS SAMI

YANG MAHA MENDENGAR

28.

الْبَصِيْرُ

AL BASHIR

YANG MAHA MELIHAT

29.

الْحَكَمُُ

AL HAKAM

YANG MAHA MEMUTUSKAN HUKUM

30.

الْعَدْلُ

AL ’ADL

YANG MAHA ADIL

31.

 اللَّطِيْفُ

AL LATHIF

YANG MAHA LEMBUT

32.

الْخَبِيْرُ

AL KHOBIR

YANG MAHA MENGETAHUI

33.

الْحَلِيْمُ

AL HALIM

YANG MAHA PENYANTUN

34.

الْعَظِيْمُ

AL ’ADHIM

YANG MAHA AGUNG

35

الْغَفُوْرُ

AL GHOFUR

YANG MAHA PENGAMPUN

36.

الشَّكُوْرُ

ASY –SYAKUR

YANG MAHA PENERIMA SYUKUR

37.

الْعَلِيُّ

AL ’ALI

YANG MAHA TINGGI

38.

الْكَبِيْرُ

AL KABIR

YANG MAHA BESAR

39

الْحَفِيْظُ

AL HAFIDH

YANG MAHA PEMELIHARA

40.

الْمُقِيْتُ

AL MUQIT

YANG  MAHA PEMELIHARA

41.

الْحَسِيْبُ

AL HASIB

YANG  MAHA MEMBUAT PERHITUNGAN

42

الْجَلِيْلُ

AL JALIL

YANG MAHA LUHUR

43.

الْكَرِيْمُ

AL KARIM

YANG MAHA MULIA

44.

الرَّقِيْبُ

AR ROQIB

YANG  MAHA  MENGAWASI

45.

الْمُجِيْبُ

AL MUJIB

YANG MAHA MEMPERKENANKAN

46.

الْوَاسِعُ

AL WASI’

YANG MAHA LUAS

47.

الْحَكِيْمُ

AL HAKIM

YANG MAHA BIJAKSANA

48.

الْوَدُوْدُ

AL WADUD

YANG  MAHA MENCINTAI

49.

الْمَجِيْدُ

AL MAJIDU

YANG MAHA  MULIA

50

الْبَاعِثُ

AL BA’ITS

YANG MAHA   MEMBANGKITKAN

51.

الشَّهِيْدُ

ASY-SYAHID

YANG  MAHA MENYAKSIKAN

52.

الْحَقُّ

AL HAQ

YANG MAHA BENAR

53.

الْوَكِيْلُ

AL WAKIL

YANG MAHA MEWAKILI

54.

الْقَوِىُّ

AL QOWI

YANG MAHA KUAT

55.

الْمَتِيْنُ

AL MATIN

YANG MAHA KUKUH

56.

الْوَلِيُّ

AL WALI

YANG MAHA  MELINDUNGI

57.

الْحَمِيْدُ

AL HAMID

YANG MAHA TERPUJI

58.

الْمُحْصِى

AL MUHSHI

YANG  MAHA MENGHITUNG

59.

الْمُبْدِئُ

AL MUBDI-U

YANG  MAHA MEMULAI

60.

الْمُعِيْدُ

AL MU’ID

YANG MAHA  MENGEMBALIKAN

61.

الْمُحْيِى

AL MUHYI

YANG  MAHA MENGHIDUPKAN

62.

الْمُمِيْتُ

AL MUMIT

YANG MAHA  MEMATIKAN

63

الْحَىُّ

AL HAYYU

YANG MAHA HIDUP

64.

الْقَيُّوْمُ

AL QOYYUM

YANG MAHA  BERDIRI SENDIRI

65.

الْوَاجِدُ

AL WAJID

YANG  MAHA MENEMUKAN

66.

الْمَاجِدُ

AL MAJID

YANG  MAHA MENEMUKAN

67.

الْوَاحِدُ

AL WAHID

YANG MAHA TUNGGAL

68.

الصَّمَدُ

ASH SHOMAD

YANG MAHA DIBUTUHKAN

69.

الْقَادِرُ

AL QADIR

YANG MAHA KUASA

70.

الْمُقْتَدِرُ

AL MUQTADIR

YANG  MAHA KUASA

71.

الْمُقَدِّمُ

AL MUQODDIM

YANG MAHA MENDAHULUKAN

72.

الْمُؤَخِّرُ

AL MU-AKHKHIR

YANG MAHA MENGAKHIRKAN

73.

اْلاَوَّلُ

AL AWWAL

YANG MAHA AWAL

74.

اْلاَخِرُ

AL AKHIR

YANG MAHA AKHIR

75.

الظَّاهِرُ

ADH DHOHIR

YANG MAHA NYATA

76.

الْبَاطِنُ

AL BATHIN

YANG MAHA TERSEMBUNYI

77.

الْوَالِىْ

AL WALI

YANG MAHA MEMERINTAH

78.

الْمُتَعَالِ

AL MUTA’ALI

YANG MAHA TINGGI

79.

الْبَرُّ

AL BARR

YANG MAHA DERMAWAN

80.

التَّوَّابُ

AT TAWWAB

YANG  MAHA PENERIMA TAUBAT

81.

المُنْتَقِمُ

AL MUNTAQIM

YANG MAHA PENGANCAM

82.

الْعَفُوُّ

AL’AFUW

YANG MAHA PEMAAF

83.

الرَّءُوْفُ

AR RO’UF

YANG MAHA PELIMPAH KASIH

84.

مَالِكُ الْمُلْكِ

MALIKUL MULKI

YANG MAHA PEMILIK KERAJAAN

85.

ذُوالْجَلاَلِ وَاْلاِكْرَامِ

DZUL JALALI WAL IKROM

YANG MAHA MEMILIKI KELUHURAN DAN KEMURAHAN

86.

الْمُقْسِطُ

AL MUQSITH

YANG MAHA ADIL

87.

الْجَامِعُ

AL JAMI’

YANG MAHA MENGUMPULKAN

88.

الْغَنِىُّ

ALGHONI

YANG MAHA KAYA

89.

الْمُغْنِى

AL MUGHNI

YANG MAHA PEMBERI KEKAYAAN

90.

الْمَانِعُ

AL MANI’U

YANG MAHA MENCEGAH

91.

الضَّارُّ

ADL DLORRU

YANG MAHA PEMBERI MUDARAT

92.

النَّافِعُ

AN NAFI’U

YANG MAHA PEMBERI MANFAAT

93.

النُّوْرُ

AN NUR

YANG  MAHA PEMILIK CAHAYA

94.

الْهَادِىْ

AL HADI

YANG MAHA PEMBERI HIDAYAH

95.

الْبَدِيْعُ

AL BADI

YANG   MAHA PENCIPTA PERTAMA

96.

البَاقِىْ

AL BAQI

YANG MAHA KEKAL

97.

الْوَارِثُ

AL WARITS

YANG MAHA MEWARISI

98.

الرَّشِيْدُ

AR ROSYID

YANG MAHA MEMBIMBING

99.

الصَّبُوْرُ

AS SHOBUR

YANG MAHA PENYABAR

Dalam hadits nabi dijelaskan bahwa siapapun yang menghafal asmaul husna, ia akan diberi kemuliaan oleh Allah untuk masuk surga. Asmaul husna juga dianjurkan dibaca untuk memohon apapun kepada Allah. Untuk kepentingan yang terakhir ini, asmaul husna dapat dimulai dengan membaca :

 

نَسْأَلُكَ يَامَنْ هُوَاللهُ الَّذِيْ لآاِلَهَ اِلاَّ هُوَالرَّحْمَنُ الرَّحِيمُ الْمَلِكُ الْقُدُّوْسُ

NAS-ALUKA YAMAN HUWALLAHULLADZI LA ILAHA ILLA HUWARROHMANURROHIM. AL MALIKUL  QUDDUS dan seterusnya sampai nama Allah yang ke 99.

Aku memohon kepadamMu wahai Allah yang Maha Pengasih, Maha Penyayang,  Maha Suci, Yang Maha ….… dan seterusnya sampai nama Allah yang ke 99.