Selasa, 20 Oktober 2020

Hidup Sehat Ala Jepang

     Sehat itu adalah rejeki yang Allah berikan pada kita sebagai hambanya, dan kesehatan merupakan salah satu anugrah yang patut kita syukuri tentunya.  karna begitu berharganya kesehatan itu, sampai ada ungkapan yang mengatakan bahwa " Harta paling berharga adalah Kesehatan" hal ini membuktikan bahwa nilai dari sebuah kesehatan itu sangat penting dan sangat berharga sekali.

    Coba kita bayangkan, jika kita memiliki nasib yang baik dalam karir. memiliki rumah mewah, mobil mewah, gaji puluhan juta bahkan ratusan juta. tapi Allah berikan kesehatan yang sebaliknya dari karir kita, semisal sariawan yang berkepanjangan coba apa untungnya uang banyak jika makan saja tidak enak. kita punya rumah mewah tapi ternyata kita punya penyakit tidak bisa tidur, juga apa nyamannya rumah mewah tersebut. ini berarti kesehatan kita jauh lebih berharga dari apa yang kita upayakan di dunia ini.

    Pada kesempatan kali ini, saya akan berbagi tentang tips hidup Sehat ala tetangga kita. Ya.... mari kita intip bagaimana orang-orang Jepang menjaga kesehatannya ya. mungkin bisa jadi referensi teman-teman semua untuk menjaga kesehatan kita ya.

1. Konsumsi Sayur, Buah dan Ikan

Seperti yang kita tahu bahwa sayuran dan buah-buahan di Jepang tumbuh dengan subur dukungan alam dan juga sistem pertaniannya yang sehat ya. Orang-orang Jepang lebih banyak mengkonsumsi buah-buahan, sayuran dan juga ikan sebahagai makanan sehat mereka. ketiga jenis makanan ini dinilai sebagai makanan yang rendah karbohidrat, sehingga ketiga jenis makanan ini menjadi pilihan bagi bangsa Jepang yang saat ini sedang melakukan pola pengurangan dalam mengkonsumsi nasi dan roti.


2.  Jalan kaki

Berjalan kaki merupakan kegiatan rutin yang baik dilakukan pada pagi hari, dijepang sendiri aktifitas pada pagi hari lebih dianjurkan untuk berjalan kaki. salah satu upaya pemerintah untuk menerapkan dan membudayakan berjalan kaki adalah dengan memberikan tarif parkir yang tinggi, sehingga masyarakat akan cendrung berjalan kaki dalam melakukan aktifitasnya. Berjalan kaki pada pagi hari juga dapat menyehatkan tentunya, nah kita bisa tiru kebiasaan berjalan kaki atau paling tidak kita bisa memulai dengan bersepeda sebagai pengganti berjalan kaki jika tujuan kegiatannya jauh tentunya.


3. Sembahyang, Mediasi, Yoga dan Latihan Ketenangan Hati

Kegiatan sembahyang, mediasi, yoga dan menenangkan hati melalui kegiatan berdiam, merenung dan berdo'a sangat baik dilakukan. orang-orang jepang banyak melakukan mediasi hal ini didukung dengan kepercayaan mereka tentunya. bagi kita di Indonesia sembahyang, zikir, olah batin sebagai penenang hati dan juga yoga juga dapat dilakukan. hal ini sangat baik selain menyehatkan tentunya juga dapat menghilangkan stres dan msebagian komunitas percaya cara ini dapat menyehatkan batin, fikiran, mencerahkan wajah sebagai wujud atau bentuk ketenangan hati yang terpancar pada wajah.


4. Minum Teh Hijau

Masayarakat Jepang gemar sekali meminum teh Hijau, dalam sehari mereka dapat menghabiskan kurang lebih 2 liter teh hijau. Teh yang sering kita konsumsi sebagai salah satu minuman rekomendasi bagi pelaku diet ini memiliki antioksidan yang tinggi dibanding dengan teh hitam, jadi sangat bermanfaat ya untuk kita konsumsi sehari-hari. Teh hijau juga dapat mencegah peradangan, infeksi, kanker hingga penyakit jantung, jadi sudah tidak di ragukan lagi ya khasiat dari teh hijau ini.

Teh hijau memang sangat terkenal, apa lagi di jepang ada budaya minum teh, mulai dari penyambutan tamu hingga pada kegiatan festival minum teh yang mana teh hijau menjadi salah teh yang tidak pernah ketinggalan. So, jangan ragu untuk konsumsi teh hijau ya.


5. Konsumsi Rumput Laut dan Miso

Rumput laut tentu kita sebagai negara kepulauan sudah tidak asing ya dengan rumput laut, ya tumbuhan laut yang kaya akan nutrien mulai dari vitamin dan omega. selain itu rumput laut juga mengandung fosfor dan kolin yang sangat bermanfaat bagi tubuh. Selain manfaatnya luar biasa rumput laut juga sudah banyak diaplikasikan dalam berbagai jenis makanan sehingga dapat dikonsumsi dengan fariatif baik sebagai cemilan, campuran sub dan lain-lain.

Lalu apa itu miso? hmmmm..... ini bukan miso yang terbuat dari kuah mie ya sahabat semua. Miso adalah kuah hasil permentasi air beras dan kedelai yang berisi dengan sayur-sayuran, makanan ini merupakan salah satu sarapan yang direkomendasi dari puluhan tahun lalu oleh warga Jepang.


6. Closet Jongkok

Penggunaan closet jongkok tentunya agar orang yang buang air juga melakukannya dengan jongkok tentunya, menurut omasyarakat Jepang cara ini adalah cara yang baik dalam buang air. dan ternyata cara ini benar-benar bermanfaat dan menyehatkan, karena dengan cara jongkok dalam buang air dapat melemaskan otot puborectalis.

Cara ini sesuai dengan ajaran Islam yang dicontohkan oleh Rasulullah Saw yang mengajarkan agar membuang air besar dan buang air kecil dengan cara berjongkok. oleh sebab itu, sebagai umat Islam tentu hal ini bukan prilaku yang asing ya.


7. Berendam di Air Hangat

Berendam di air hangat adalah kebiasaan orang Jepang yang sudah tidak diragukan lagi, bisa kita lihat di filem-filem dan kehidupan nyata dimana banyak sekali tempat-tempat pemandiaan air panas. mandi air panas sangat baik untuk melancarkan peredaran darah dalam tubuh manusia.


8. Pola hidup Sehat

Pola hidup sehat tentu mengarah pada kebiasaan hidup sehat pada umumnya seperti tidak merokok tidak mabuk-mabukan dan lain-lain.  meskipun ada budaya minum arak namun mereka tetap menjaga kegiatan dan makanan sehat. jadi tetap jaga kesehatan ya.


Semoga bermanfaat ya....