Sabtu, 02 Januari 2021

Mengenali Relindo Tebo Versi Susanto

 Mengenali Relindo Tebo Versi Susanto

Rimbo Ulu, 3 Januari 2021

Sumber : Relindo

        Relawan Indonesia atau lebih dikenal dengan Relindo adalah sebuah organisasi kemanusiaan yang menghimpun relawan (manusia-manusia yang peduli dengan dirinya dan juga sekitarnya) dari segala bidang yang menyatu dalam sebuah perkumpulan untuk membenahi diri sendiri dan lingkungannya. Itulah Relindo menurut saya, sebuah organisasi yang baru saya ketahui sekitar setahun lalu (Nampak katrok dan tidak berjiwa sosial sekali saya ya....). Ini organisasi besar di Indonesia dan memiliki cabang dan perwakilan dibeberapa daerah, dengan banyak kegiatan kemanusiaan didalamnya.
       Itulah Relindo dari sudut pandang saya, benar tidaknya tentu saat ini adalah waktu dimana saya mesti mencari tahu dan belajar untuk mengetahui apa itu Relindo lebih jauh lagi. Awal saya ikut Relindo merupakan inisiatif saya yang muncul ketika saya mulai nyaman di kegiatan kepramukaan dan mulai melirik organisasi sosial yang kebetulan saya terhubung tidak sengaja dengan salah seorang pengurus PMI Jogja (Kak Rini). Banyak bertanya dan mulai penasaran dengan kegiatan kemanusiaan dan relawan. Dari sana saya mulai mencari tahu ada tidaknya organisasi kemanusiaan yang lebih umum mengingat saya adalah anggota Kadodasyat Tebo lebih detailnya lagi saya adalah Jendral di Komunitas donor darah Tebo tersebut untuk wilayah Rimbo Ulu, Rimbo Bujang dan Rimbo Ilir. Namun organisasi yang saya pegang sama sekali tidak bergerak karena adanya diskomunikasi dengan salah satu pihak kesehatan (Maaf tidak dapat saya sebutkan) yang mengakibatkan terbentuknya cabang KadoDasyat Rimbo (Ulu, Ilir dan Bujang) ini tidak berjalan sesuai harapan. Meski demikian komunitas ini tetap memberikan informasi atas kebutuhan donor darah masyarakat di wilayah Tebo hingga saat ini. Dari perjalanan-perjalanan inilah akhirnya saya mencari alumni SMA N 9 Tebo yang saya rasa aktif berkegiatan.
        Akhirnya saya mendapatkan informasi dan diajak untuk masuk Relindo. Ya awalnya saya bingung merasa tidak siap karna organisasi atau komunitas Relindo ini sama sekali tidak saya kenal yang saya tahu ketika diajak adalah ini organisasi relawan Pak, itu adalah hal yang saya ingat sebelum saya dimasukkan grup dan disambut oleh ketua Relindo Tebo Kak Fira di grup wa. Jangan ditanya bangga atau tidak ya, rasanya ngak kedeteksi deh, ya seneng dapat komunitas kemanusiaan, bingung karna tidak paham, kwatir tidak bisa menyesuaikan diri dan banyak lagi yang dirasakan saat itu.
        Bener banget mulai dapat informasi kegiatan beberapa kali saya ternyata tidak dapat mengikuti, sedih, malu, segan dengan yang lain dan masih banyak lagi perasaan yang dirasakan. Hanya bisa melihat foto-foto kegiatan yang di share di grup. Kagum dan ini sosial banget, ini organisasi yang tepat banget. huuuuuu.... Kapan bisa ikut?

Sumber : Dokumentasi Relindo Tebo

        Kebayang ngak lihat foto diatas, ini salah satu foto kegiatan Relindo Tebo. Ini yang buat saya makin penasaran dan kagum dengan Relindo, Relawan yang berkumpul bukan hanya siap tanggap saat bencana tapi juga peduli dengan saudara-saudara kita yang bekerja untuk kepentingan orang banyak. Kebayang ngak? Ada lo orang yang bekerja ternyata kita juga menikmati manfaat dari pekerjaannya, di Relindo kalian akan lihat saudara-saudara kita di Relindo peduli dengan mereka. Masih mikir Relindo itu cuman narsis dan pencitraan saja? Ini yang harus kita pertimbangkan baik-baik, ini karakter, ini kepedulian, ini ladang ibadah, ini...... Luar biasa.
        Jika kalian tahu Relindo berkegiatan, coba deh temui mereka, tanya, ngobrol, bantu jika perlu. Jika hati kecil kalian simpatik, jangan ragu lagi. Ayo ikutan gabung di Relindo.
        Selama Covid19 mungkin Relindo sedikit terhambat kegiatannya karna di masa Pandemi ada beberapa aturan dan kebanyakan relawan yang bebas beraktivitas adalah organisasi yang dikelola oleh negara, namun Relawan kami tetap jalan ternyata meskipun tidak seagresif sebelumnya karena aturan dan protokol kesehatan yang diterapkan pemerintah.

Sumber : Doumentasi Relindo Tebo

        2021 adalah tahun harapan tahun yang digadang-gadang akan membawa Indonesia untuk bangkit dari keterpurukan dimasa pandemi, dengan semangat Relawan tanggal 2 Januari 2021 kami berkumpul, temu kangen istilahnya. Ini pertemuan perdana saya dengan teman-teman Relindo dan bener saya melihat semangat itu. Semangat dan jiwa muda anak-anak muda Tebo yang berkumpul untuk berbagi cerita dan harapan bersama Relindo, momen luar biasa diusia tua saya melihat teman-teman relawan yang memiliki segudang pengalaman. Dan rasa bangga itu muncul ketika saya sebagai guru melihat adik-adik di usia muda itu semangat sekali, mereka antusias dan Luar biasa. 
          Saya ingat pernyataan salah seorang guru saya yang tidak sengaja ternyata mengikuti acara seminar nasional yang saya adakan bersama Putra Sampoerna Fundation secara webinar, diakhir acara beliau menyapa saya dan salah satu partisipan bertanya kepada guru saya, "Bu Wit, gimana rasanya melihat muritnya sekarang menjadi fasilitator dari kegiatan pendidikan bersekala nasional? beliau jawab, saya bangga melihat anak saya bisa bangkit sejauh ini, saya yakin ia bisa lebih baik dari saya nantinya". mungkin perasaan yang sama saya rasakan ketika saya melihat teman-teman relindo yang masih muda-muda berada disana menyampaikan usulan dan antusiasnya dalam kegiatan Relindo kedepan.
            Semoga pertemuan itu menjadi langkah awal bangkitnya kita di Relindo menuju Relindo Tebo yang Sigap - Cakap - Tanggap dalam segala situasi.
        Trima kasih atas kesempatannya untuk bergabung di Relindo, banyak ilmu yang perlu saya pelajari di relindo, banyak pengalaman yang ingin saya dengar banyak hal yang ingin saya lakukan bersama kalian Relawan Indonesia (Relindo Tebo).

#Blogmahasiswa
#MahasiswaKreatif
#MerdekaMenulis
#RelawanIndonesia








3 komentar: